Memiliki rumah yang sejuk tentu dambaan setiap orang, bukan begitu happy people. apalagi buat kamu-kamu yang lebih banyak menghabiskan wakt...

6 Cara Membuat Rumah Lebih Sejuk

Memiliki rumah yang sejuk tentu dambaan setiap orang, bukan begitu happy people. apalagi buat kamu-kamu yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah daripada di luar. rumah yang sejuk dan nyaman juga dapat menjaga anak-anak agar tidak rewel karena kepanasan, happy people. nah, sekarang saya akan berbagi beberapa cara buat kamu, supaya rumah idamanmu bisa menjadi sejuk.

Garis Edar Matahari

1. Perhatikan Orientasi Rumah
Buat happy people yang hendak membangun rumah atau renovasi skala besar, kamu bisa memperhitungkan arah matahari ke dalam desain rumah kamu, happy people. Ingat, matahari adalah sumber panas terbesar yang menyumbang naiknya suhu ruangan. karena itu, upayakan rumah kamu tidak memanjang ke arah utara dan selatan, happy people. tujuannya supaya luas dinding rumah yang terpapar matahari dapat dibuat seminimal mungkin. selanjutnya, bagian depan rumah upayakan berada di selatan atau utara, karena kedua arah tersebut paling sedikit menerima radiasi matahari, happy people. Nah, kalo kamu mau membeli rumah. 2 tips tadi bisa kamu jadikan acuan untuk memilih kavling rumah.

2. Meninggikan Plafon
Desain rumah happy people dengan plafon tinggi, antara 3m hingga 4m. ruangan berplafon tinggi memiliki keuntungan berupa rambatan radiasi yang rendah dari plafon. semakin rendah plafon, kamu akan menerima lebih banyak radiasi sehingga membuat kenyamanan berkurang. namun perlu diperhatikan, plafon yang terlalu tinggi dapat mempersulit happy people dalam mengganti lampu, karena itu kamu perlu jeli meletakkan posisi lampu. menentukan tinggi plafon juga dapat memperhatikan luas ruangan. ruangan dengan luasan kecil sebaiknya tidak berplafon terlalu tinggi, ada baiknya cukup setinggi 3m, happy people. kenapa? karena dapat menimbulkan kesan sempit menghimpit, dan mencekam sehingga mengurangi kenyamanan secara psikologis.

3. Menciptakan Ventilasi Silang
angin merupakan salah satu faktor yang dapat membuat rumah kamu lebih sejuk. agar aliran angin di dalam rumah happy people bergerak cepat, kamu perlu menciptakan ventilasi silang. hal ini dapat kamu lakukan dengan membuat bukaan (bisa berupa jendela, pintu, atau luang angin) pada dua dinding yang berlawanan. kenapa? karena angin tidak mengalami hambatan di dalam rumah.

Cerobong Angin untuk Ventilasi Alami

4. Membuat Cerobong Angin
Selain menciptakan ventilasi silang, happy people juga dapat menghapus udara panas di dalam rumah dengan membuat cerobong angin. hal ini disebabkan, udara panas selalu bergerak ke atas. dengan adanya cerobong angin, udara panas yang terperangkap di sekitar plafon rumah kamu dapat segera dibuang keluar.

Insulasi Panas Pada Atap


5. Gunakan Insulasi Panas
Jika happy people memiliki rumah dengan plafon rendah, cara yang satu ini dapat kamu gunakan pada atap rumah guna mengurangi transmisi panas ke dalam rumah. terdapat beragam jenis material insulasi seperti aluminium foil dan glasswool. aluminium foil dapat digunakan pada atap (lebih tepatnya persis di bawah genteng. glasswool dapat happy people terapkan pada dinding partisi. namun, apabila kamu hendak mengaplikasikan insulasi, happy people perlu mengecek kondisi keuangan karena bahan insulasi tersebut lumayan mahal.


6. Pemilihan Warna
Kamu pasti memiliki warna favorit happy people. tapi taukah kamu kalau setiap warna adalah salah satu faktor yang menentukan jumlah radiasi yang disimpan oleh bangunan. setiap warna memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam merefleksikan radiasi matahari. warna-warna cerah lebih baik dalam merefleksikan radiasi matahari dibandingkan warna gelap. oleh karena itu, ada baiknya jika dinding luar rumah happy people menggunakan warna warna cerah seperti putih, kuning, dan biru muda.


0 comments: