hallo happy people. pernahkah kamu merasa silau ketika melihat ke jendela dari dalam rumah kamu?? kalau kamu mengalaminya, ada beberapa hal...

Menghindari Silau di dalam Rumah

hallo happy people. pernahkah kamu merasa silau ketika melihat ke jendela dari dalam rumah kamu?? kalau kamu mengalaminya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi efek silau bahkan dapat benar2 menghilangkan efek silau (tergantung kondisi ya happy people).
Ilustrasi Ruang dengan Jendela Besar
Glare atau silau terjadi akibat adanya perbedaan intensitas cahaya yang besar di dalam satu ruang happy people. hal ini bisa terjadi karena cahaya yang memasuki ruangan tidak terdistribusi dengan baik di dalam ruangan. yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi silau adalah:

1. memberikan sosoran atau naungan di sekitar jendela rumah.
sosoran yang menaungi jendela ditujukan untuk mengurangi intensitas sinar matahari yang memasuki rumah kamu, happy people. hal ini perlu kamu lakukan kalau jendela kamu menghadap ke arah timur atau barat. dengan adanya sosoran yang melindungi jendela rumah kamu dari sinar matahari, intensitas sinar matahari yang masuk akan berkurang, sehingga mengurangi perbedaan intensitas cahaya di sekitar jendela dan di dalam rumah.

2. buat jendela lebih dari satu
supaya cahaya di dalam rumah kamu tersebar merata, kamu perlu membuat jendela di beberapa titik, happy people. semakin luas rumah kamu maka semakin banyak jumlah jendela yang kamu butuhkan untuk menjaga kualitas pencahayaan di dalam rumah kamu. selain untuk mencegah silau, hal ini juga untuk menjaga kesehatan mata kamu, happy people. karena aktivitas membaca atau menulis membutuhkan cahaya sekitar 300 lux agar mata kamu tidak cepat lelah.

Ilustrasi Jendela Menghadap Sumber Cahaya
3. Perhatikan kedalaman ruangan
salah satu faktor yang menentukan silau akibat perbedaan intensitas cahaya adalah kedalaman ruangan. (kedalaman ruangan adalah jarak dinding ruangan ke jendela). semakin jauh kedalaman ruangan maka perbedaan intensitas cahaya di dalam ruangan akan semakin besar pula happy people. karena itu, jika kamu menginginkan rumah dengan kedalaman ruangan yang cukup besar, kamu butuh membuat jendela di dua sisi ruangan. dengan demikian kamu memiliki dua sumber cahaya dari dua arah berbeda untuk menerangi ruangan.

0 comments: